Rabu, 10 Oktober 2012

Penerapan Teori Skinner


Ketika ibu Dina memasuki kelas, beliau menyuruh kami untuk duduk pisah-pisah. Saya pun menganggap bahwa ada kuis hari ini. Saya mempersiapkan kertas dan pulpen serta buku pegangan juga. Namun ibu Dina mengatakan bahwa tidak perlu ada kertas hanya ada alat tulis dan buku pegangan saja. Saya pun langsung merasa lega karena hari ini ternyata tidak kuis. Lalu kemudian ada 3 stimulus yang diberikan yaitu kertas HVS dan 2 buah sertifikat. Ibu Dina menyuruh kami untuk membuat apapun yang bisa dibuat dalam waktu 30 menit. Saya bingung mau membuat apa. Saya mencoba bertanya kepada sebelah kiri saya, dia pun ternyata tidak tahu juga. Maka saya pun langsung berpikir apa yang bisa saya lakukan. Karena teori yang dibahas pada pertemuan ini adalah teori Skinner, maka saya pun langsung menghubungkan stimulus tersebut dengan teori Skinner. Yang pertama itu saya menuliskan hubungan sertifikat tersebut dengan teori Skinner dimana ketika seseorang mengikuti seminar maka ia akan memperoleh pengetahuan yang baru dan ia pun akan mendapatkan penghargaan berupa sertifikat. Kemudian saya pun menjelaskan kaitan proses pembelajaran pada hari ini dengan teorinya Skinner. Lalu setelah itu saya tidak tahu mau melakukan apa lagi. Walaupun diawal, ibu Dina sudah mengatakan bahwa diakhir nanti akan dipilih 3 orang yang menghasilkan produk terbaik. Pastinya akan ada reward yang diberikan kepada 3 orang tersebut tapi saya tidak mempedulikan lagi dengan reward yang diberikan. Saya berusaha untuk membuat apa yang bisa saya buat namun ternyata pikiran saya tidak bisa untuk terbuka lebih luas dan berpikir kreatif. Saya hanya bisa fokus pada apa yang ada dihadapan saya. Setelah waktu berakhir dan langsung ke penilaian saya melihat produk-produk yang dibuat oleh teman-teman saya. Dan saya pun langsung berpikir bahwa kenapa saya tidak membuat hal yang hampir sama dengan mereka. Dan akhirnya saya pun menyadari bahwa untuk menghasilkan produk seperti yang dibuat oleh teman-teman, saya harus mendapatkan stimulus tambahan dahulu barulah saya bisa melakukannya.
            Kaitan pembelajaran hari ini dengan teori Skinner yaitu berhubungan dengan operant conditioning dimana ada 3 hal yang paling berperan dalam operant conditioning yaitu reinforcement positif, reinforcement negative, dan hukuman. Namun yang terlihat pada pembelajaran hari ini adalah reinforcement positif, yaitu perilaku akan diperkuat ketika diberikan stimulus. Dalam hal ini ketika ibu Dina memberikan beberapa stimulus maka yang diharapkan disini adalah mahasiswa memberikan respon yaitu membuat suatu produk dan apabila produk tersebut bagus maka akan diberikan reward. Selain itu Skinner juga mengatakan bahwa belajar adalah perubahan perilaku. Belajar bukan melakukan-belajar adalah mengubah apa yang kita lakukan. Ketika saya tidak mampu menghasilkan produk seperti yang diharapkan maka saya mengubah perilaku saya. Yang tadinya saya tidak mampu untuk kreatif setelah saya melihat hasil-hasil yang ditunjukkan oleh teman-teman saya maka saya pun berusaha agar saya bisa melakukan seperti yang mereka lakukan bahkan lebih dari itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar