Ketika ibu Dina memasuki kelas, beliau
menyuruh kami untuk duduk pisah-pisah. Saya pun menganggap bahwa ada kuis hari
ini. Saya mempersiapkan kertas dan pulpen serta buku pegangan juga. Namun ibu
Dina mengatakan bahwa tidak perlu ada kertas hanya ada alat tulis dan buku
pegangan saja. Saya pun langsung merasa lega karena hari ini ternyata tidak
kuis. Lalu kemudian ada 3 stimulus yang diberikan yaitu kertas HVS dan 2 buah sertifikat.
Ibu Dina menyuruh kami untuk membuat apapun yang bisa dibuat dalam waktu 30
menit. Saya bingung mau membuat apa. Saya mencoba bertanya kepada sebelah kiri
saya, dia pun ternyata tidak tahu juga. Maka saya pun langsung berpikir apa
yang bisa saya lakukan. Karena teori yang dibahas pada pertemuan ini adalah
teori Skinner, maka saya pun langsung menghubungkan stimulus tersebut dengan
teori Skinner. Yang pertama itu saya menuliskan hubungan sertifikat tersebut
dengan teori Skinner dimana ketika seseorang mengikuti seminar maka ia akan
memperoleh pengetahuan yang baru dan ia pun akan mendapatkan penghargaan berupa
sertifikat. Kemudian saya pun menjelaskan kaitan proses pembelajaran pada hari
ini dengan teorinya Skinner. Lalu setelah itu saya tidak tahu mau melakukan apa
lagi. Walaupun diawal, ibu Dina sudah mengatakan bahwa diakhir nanti akan
dipilih 3 orang yang menghasilkan produk terbaik. Pastinya akan ada reward yang
diberikan kepada 3 orang tersebut tapi saya tidak mempedulikan lagi dengan
reward yang diberikan. Saya berusaha untuk membuat apa yang bisa saya buat
namun ternyata pikiran saya tidak bisa untuk terbuka lebih luas dan berpikir
kreatif. Saya hanya bisa fokus pada apa yang ada dihadapan saya. Setelah waktu
berakhir dan langsung ke penilaian saya melihat produk-produk yang dibuat oleh
teman-teman saya. Dan saya pun langsung berpikir bahwa kenapa saya tidak
membuat hal yang hampir sama dengan mereka. Dan akhirnya saya pun menyadari
bahwa untuk menghasilkan produk seperti yang dibuat oleh teman-teman, saya
harus mendapatkan stimulus tambahan dahulu barulah saya bisa melakukannya.
Kaitan
pembelajaran hari ini dengan teori Skinner yaitu berhubungan dengan operant
conditioning dimana ada 3 hal yang paling berperan dalam operant conditioning
yaitu reinforcement positif, reinforcement negative, dan hukuman. Namun yang
terlihat pada pembelajaran hari ini adalah reinforcement positif, yaitu perilaku
akan diperkuat ketika diberikan stimulus. Dalam hal ini ketika ibu Dina
memberikan beberapa stimulus maka yang diharapkan disini adalah mahasiswa
memberikan respon yaitu membuat suatu produk dan apabila produk tersebut bagus
maka akan diberikan reward. Selain itu Skinner juga mengatakan bahwa belajar
adalah perubahan perilaku. Belajar bukan melakukan-belajar adalah mengubah apa
yang kita lakukan. Ketika saya tidak mampu menghasilkan produk seperti yang
diharapkan maka saya mengubah perilaku saya. Yang tadinya saya tidak mampu
untuk kreatif setelah saya melihat hasil-hasil yang ditunjukkan oleh
teman-teman saya maka saya pun berusaha agar saya bisa melakukan seperti yang
mereka lakukan bahkan lebih dari itu.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar