1. Apa yang dapat adinda jelaskan sehubungan dengan Pedagogi Modern? lalu beri ilustrasi bandingan antara proses pembelajaran yang adinda dapatkan saat perkuliah dengan uraian teori tersebut.
Pedagogi bukan hal yang sekedar seni mengajar ataupun mengasuh namun juga strategi-strategi yang digunakan dalam pembelajaran. Nah kalau dahulu pedagogi itu didefenisikan sebagai seorang budak dimana budak tersebut mengawasi pengajaran putra tuan atau majikannya. Ketika itu anak perempuan tidak umum diberi pengajaran khusus. Pembantu rumah tangga ini mengantar, menunggu, dan menemani pulang putra tuannya ke, pada saat dan dari sekolah atau gym. Namun pada masa sekarang ini pedagogi tidaklah dilihat sebagai seorang budak tapi lebih ke suatu proses yang memiliki tujuan, strategi-strategi yang digunakan guru-guru dalam pembelajaran dll.
Beberapa hal yang berkaitan dengan pedagogi, yaitu : a. Pengajaran (teaching), yaitu teknik dan metode kerja guru dalam mentransformasikan konten pengetahuan, merangsang, mengawasi, dan memfasilitasi pengembangan siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran yang berhasil. Termasuk dalam kerangka pengajaran adalah penilaian formatif dan sumatif, juga memberi peluang kepada siswa untuk “membantu” merevisi dan meningkatkan kualitas pemikiran dan pemahaman. Defenisi ini menepatkan guru pada posisi sentral.
b. Belajar (learning), yaitu proses siswa mengembangkan kemandirian dan inisiatif dalam memperoleh dan meningkatkan pengetahuan serta keterampilan (seperti penyelidikan, berpikir kritis kerja sama tim, mengorganisasikan, dan memecahkan masalah). Sesuai dengan perjalanan waktu kualitas mengajar dapat mengakibatkan siswa mencapai pemikiran tingkat tinggi dan pemahaman yang mendalam, mengetahui tentang proses belajar mereka sendiri, metakognisi, kemampuan untuk mentransfer apa yang telah dipelajari pada situasi baru dan kapasitas umum untuk menjalani kehidupan yang lebih luas dan belajar seumur hidup.
c. Hubungan mengajar dengan belajar dengan segala faktor lain yang tergamit mendorong minat pedagogi, misalnya siswa melakukan penelitian sederhana. Hubungan itu bisa bermakna siswa dibimbing oleh guru atau kegiatan belajar yang berpusat pada siswa, namun tetap di bawah bimbingan guru. Apapun bentuknya tetap terkait dengan kegiatan mengajar dan belajar.
Nah pedagogi yang efektif itu menggabungkan alternative strategi pembelajaran yang mendukung keterlibatan intelektual, memiliki keterhubungan dengan dunia yang lebih luas, lingkungan kelas yang kondusif, dan pengakuan atas perbedaan penerapannya pada semua pelajaran.
Contohnya jika dikaitkan dengan 3 hal diatas, dengan jenis pengajaran yang ibu lakukan dikelas sebenarnya sudah mencakup kepada pedagogi modern tersebut dimana pengajaran yang ibu lakukan ibu berusaha merangsang kami untuk ikut terlibat dalam proses pembelajaran terutama saat E-learning. Selain itu juga ibu memfasilitasi kami dengan teknologi yang sedang berkembang pada zaman ini. Kami juga berusaha untuk mencari tahu tentang apa yang sedang ibu usahakan untuk kami ketahui selain itu ibu juga mengawasi kami disaat kami tidak bisa mencari solusi dari pembelajaran tersebut. Kemudian belajar, ibu juga berusaha untuk mengembangkan inistiatif kami dalam memperoleh dan meningkatkan pengetahuan serta keterampilan yang kami miliki itu melalui mikro teaching walaupun hasilnya belum terlaksana namun dalam memulai tugas tersebut secara tidak langsung sudah mengajak kami untuk mengeluarkan ide-ide kreatif yang kami miliki, keterampilan-keterampilan yang kami miliki serta mengajak kami juga untuk bagaimana bekerja sama bersama teman yang lain serta mampu menyelesaikan masalah yang terjadi pada saat ada kendala dalam kelompok tersebut.
1. Apa yang dapat adinda jelaskan sehubungan dengan Pedagogi Modern? lalu beri ilustrasi bandingan antara proses pembelajaran yang adinda dapatkan saat perkuliah dengan uraian teori tersebut.
BalasHapusPedagogi bukan hal yang sekedar seni mengajar ataupun mengasuh namun juga strategi-strategi yang digunakan dalam pembelajaran. Nah kalau dahulu pedagogi itu didefenisikan sebagai seorang budak dimana budak tersebut mengawasi pengajaran putra tuan atau majikannya. Ketika itu anak perempuan tidak umum diberi pengajaran khusus. Pembantu rumah tangga ini mengantar, menunggu, dan menemani pulang putra tuannya ke, pada saat dan dari sekolah atau gym. Namun pada masa sekarang ini pedagogi tidaklah dilihat sebagai seorang budak tapi lebih ke suatu proses yang memiliki tujuan, strategi-strategi yang digunakan guru-guru dalam pembelajaran dll.
BalasHapusBeberapa hal yang berkaitan dengan pedagogi, yaitu :
a. Pengajaran (teaching), yaitu teknik dan metode kerja guru dalam mentransformasikan konten pengetahuan, merangsang, mengawasi, dan memfasilitasi pengembangan siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran yang berhasil. Termasuk dalam kerangka pengajaran adalah penilaian formatif dan sumatif, juga memberi peluang kepada siswa untuk “membantu” merevisi dan meningkatkan kualitas pemikiran dan pemahaman. Defenisi ini menepatkan guru pada posisi sentral.
b. Belajar (learning), yaitu proses siswa mengembangkan kemandirian dan inisiatif dalam memperoleh dan meningkatkan pengetahuan serta keterampilan (seperti penyelidikan, berpikir kritis kerja sama tim, mengorganisasikan, dan memecahkan masalah). Sesuai dengan perjalanan waktu kualitas mengajar dapat mengakibatkan siswa mencapai pemikiran tingkat tinggi dan pemahaman yang mendalam, mengetahui tentang proses belajar mereka sendiri, metakognisi, kemampuan untuk mentransfer apa yang telah dipelajari pada situasi baru dan kapasitas umum untuk menjalani kehidupan yang lebih luas dan belajar seumur hidup.
c. Hubungan mengajar dengan belajar dengan segala faktor lain yang tergamit mendorong minat pedagogi, misalnya siswa melakukan penelitian sederhana. Hubungan itu bisa bermakna siswa dibimbing oleh guru atau kegiatan belajar yang berpusat pada siswa, namun tetap di bawah bimbingan guru. Apapun bentuknya tetap terkait dengan kegiatan mengajar dan belajar.
Nah pedagogi yang efektif itu menggabungkan alternative strategi pembelajaran yang mendukung keterlibatan intelektual, memiliki keterhubungan dengan dunia yang lebih luas, lingkungan kelas yang kondusif, dan pengakuan atas perbedaan penerapannya pada semua pelajaran.
Contohnya jika dikaitkan dengan 3 hal diatas, dengan jenis pengajaran yang ibu lakukan dikelas sebenarnya sudah mencakup kepada pedagogi modern tersebut dimana pengajaran yang ibu lakukan ibu berusaha merangsang kami untuk ikut terlibat dalam proses pembelajaran terutama saat E-learning. Selain itu juga ibu memfasilitasi kami dengan teknologi yang sedang berkembang pada zaman ini. Kami juga berusaha untuk mencari tahu tentang apa yang sedang ibu usahakan untuk kami ketahui selain itu ibu juga mengawasi kami disaat kami tidak bisa mencari solusi dari pembelajaran tersebut. Kemudian belajar, ibu juga berusaha untuk mengembangkan inistiatif kami dalam memperoleh dan meningkatkan pengetahuan serta keterampilan yang kami miliki itu melalui mikro teaching walaupun hasilnya belum terlaksana namun dalam memulai tugas tersebut secara tidak langsung sudah mengajak kami untuk mengeluarkan ide-ide kreatif yang kami miliki, keterampilan-keterampilan yang kami miliki serta mengajak kami juga untuk bagaimana bekerja sama bersama teman yang lain serta mampu menyelesaikan masalah yang terjadi pada saat ada kendala dalam kelompok tersebut.