Senin, 23 April 2012

Testimoni Perkuliahan Pedagogi tgl 23 April 2012

Perkuliahan hari ini diwarnai dengan suasana ketegangan dimana ditengah perkuliahan ibu Dina meninggalkan ruangan. Itu terjadi karna kami sebagai mahasiswa yang diajari oleh ibu Dina tidak merespon apa yang diinginkan oleh ibu itu. Kami hanya duduk diam dan tidak menjawab apa yang ditanyakan oleh ibu Dina sehingga ibu itu pun kesal dan akhirnya meninggalkan ruangan. Sebenarnya ini memang kesalahan kami karna tidak merespon ibu itu. Nah di teori pedagogi sendiri dikatakan bahwa pembelajaran selalu melibatkan hubungan antara pikiran seseorang atau sekelompok orang dan pikiran seseorang atau sekelompok orang lainnya. Jadi diantara guru dan siswa itu harus ada interaksi agar terjalin hubungan yang bisa mempererat keduanya. Dan diantara guru dan siswa itu harus ada hubungan dua arah dimana maksud hubungan dua arah ini adalah guru dan siswa harus saling mempunyai hubungan  dimana guru memberikan dan siswa menerima bantuan dan bimbingan dari guru tersebut. Nah hal inilah yang tidak terlaksana pada perkuliahan pagi ini. Mungkin ibu Dina ingin memberikan feedback yang bisa membangun kinerja kami selama mengikuti kuliah pedagogi ini ya namun kami tidak mampu menangkap hal tersebut sehingga kami hanya bisa diam dan tidak tau menjawab apa. Mungkin sebagian dari kami juga ada yang sedang memikirkan jawaban apa yang akan diberikan namun mungkin tidak bisa menyampaikannya. Oleh karena itu saya ikut minta maaf kepada ibu Dina karena tidak ikut berpartisipasi dalam memberikan solusi yang diinginkan dalam mata kuliah ini.

Selain itu juga ada ketegangan lain yang saya rasakan dimana lagi-lagi jaringan sangat bermasalah dan begitu tidak bersahabat kepada saya. Disaat kesempatan untuk memperbaiki nilai ada, namun ada aja halangan yang membuat saya tidak maksimal dalam mengerjakan tugas ini seperti tidak membawa laptop lah, jaringan yang bermasalah lah dll. Terpaksa saya meminjam laptop teman namun saya harus menunggu dia menyelesaikan bagiannya dahulu. Dan itu sudah menghabiskan beberapa waktu. Saya sengaja mempersiapkan jawaban saya terlebih dahulu agar disaat ibu Dina mengirimkan soal saya bisa langsung mempostingnya namun disaat saya ingin menghubungi ibu itu lagi-lagi masalah ada dijaringan. Saya sudah berusaha untuk menghubungi ibu Dina melalui gtalk namun saya melihat ibu itu tidak ada membalas. Saya tidak tahu apakah masalah pada jaringan sehingga pesan saya tidak sampai kepada ibu itu atau bagaimana. Namun teman yang lain bilang memang jaringannya gag bisa. Dan akhirnya deadline pun habis. Saya berusaha untuk meminjam laptop teman yang lain lagi dan menghubungi ibu Dina melalui gtalk dan saya lihat ibu Dina tidak ada membalas. Akhirnya saya pun pasrah dan menyerahkan semuanya kepada ibu Dina karna cuma beliau yang tau nilai apa yang pantas untuk saya. Saya merasa kinerja saya kurang memuaskan dimana saat ada waktu untuk memperbaiki nilai saya tidak bisa mengerjakannya secara maksimal. Yah ini akan menjadi pembelajaran penting bagi saya untuk kedepannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar