Minggu, 16 September 2012

Hasil Diskusi Analisis Kelompok


Anggota Kelompok :
Elienz Tarigan 10-028

    Berdasarkan teori Vygotsky, pengalaman-pengalaman yang kelompok kami alami sesuai dengan teori pembelajaran vygotsky dimana ia mengatakan bahwa proses belajar terjadi pada dua tahap: tahap pertama terjadi pada saat berkolaborasi dengan orang lain, dan tahap berikutnya dilakukan secara individual yang di dalamnya terjadi proses internalisasi. Nah seperti pengalaman yang kami alami dimana masing-masing bisa lebih memahami pelajaran-pelajaran sekolah setelah mengikuti bimbel yang kemudian dibantu oleh tentor-tentor untuk mengerjakan hal-hal yang kami rasa sulit dan tentunya mereka membantu kami memahami pelajaran-pelajaran sekolah dengan cara yang lebih mudah pastinya. Kemudian setelah kami memahami dan mengerti apa yang dijelaskan oleh tentor tersebut selanjutnya kami mulai bisa mengerjakan sendiri pelajaran-pelajaran yang tadinya kami anggap sulit dan kedepannya kami pun mampu untuk mengerjakan soal-soal yang tingkat kerumitannya lebih. Nah itulah proses belajar yang dimaksudkan oleh vygotsky pada tahap pertama ini. Kemudian tahap berikutnya yaitu proses internalisasi yang merupakan proses belajar yang berlangsung sepanjang hidup kita, mulai dari lahir sampai akhir hayat kita. Sepanjang hayatnya seorang individu terus belajar untuk mengolah segala perasaan, hasrat, nafsu dan emosi yang membentuk kepribadiannya. Apapun yang terjadi dalam hidup kita itu merupakan proses belajar.

    Namun pada intinya pembahasan mengenai pengalaman kelompok kami adalah proses belajar dimana pengalaman tersebut menjadikan kami sedikit demi sedikit memperoleh kecakapan intelektual melalui interaksi dengan orang yang lebih ahli, ataupun orang dewasa. Dimana bantuan atau support yang diberikan, dimaksudkan agar kami nantinya dapat menghadapi tingkat kesulitan masalah yang lebih tinggi pada tingkat kognitif masing-masing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar